Senin, 24 November 2014

MAINAN EDUKATIF ANAK

Mainan eduktif merupakan hal yang sangat penting dan memiliki manfaat yang sangat
Mainan edukatif anak-www.griyamaian.com
Dunia Anak

banyak. masyarakat modern saat ini sudah mulai terbiasa dan dimanjakan dengan adanya gadget yang canggih yang bisa mempermudah dan memfasilitasi kebutuhan. Jika diperhatikan secara seksama, penggunaan gadget ini sangat luar biasa, para penggunanya pun mulai merambah dunia anak-anak. Sehingga bukan hal aneh lagi jika anak usia TK sudah mulai dibekali dan mahir dengan penggunaan gadget ini.

Gadget memang mempermudah kehidupan terlebih lagi gadget saat ini sudah dilengkapi dengan internet, sehingga akses orang ke dunia maya akan lebih mudah dan bisa dilakukan melalui gadget tanpa harus melalui komputer atau laptop.

Mainan edukatif anak- www.griyamainan.com
Mainan Edukatif Anak


Dengan semakin banyaknya pengguna gadget dari kalangan anak-anak, sehingga kesempatan anak untuk bersosialisasi secara langsungpun akan terbatas, karena kemudahan komunikasi sudah difasilitasi dengan adanya gadget ini. Gadget memang memberikan banyak kemudahan dan manfaat seperti mempermudah kita untuk mengenal dunia luar tanpa harus mengunjungi tempat tersebut, cukup dengan googling dan semuanya menjadi mudah. Akan tetapi, gadget ini juga membuat dunia anak semakin sempit, anak seolah-olah terjebak dalam dunia maya sehingga hal ini akan memberikan efek kepada perkembangan dari berbagai aspek seperti aspek kognitif, motorik dan afektif.

Efek negatif tidak hanya sebatas pada perkembangan kognitif saja tetapi kepada aspek sosialpun akan berpengaruh seperti sikap tidak peduli, suka menyendiri, autis bahkan sampai kepada kelainan perilaku yang lebih kritis lagi. 


Dewasa ini perkembangan mainan edukatif mungkin sangat kurang dikarenakan tergeserny pola pikir manusia menuju kemutakhiran teknologi sehingga menganggap mainan edukatif merupakan hal yang kuno. Mengutip dari beberapa sumber tentang manfaat mainan edukatif, ternyata mainan edukatif itu memiliki manfaat yang sangat luar biasa, seperti yang disampaikan oleh Dra. Mayke S. Tedjasaputra, M.Si seorang psikolog anak sekaligus play therapist dari Fakultas psikologi UI. 

Manfaat Mainan edukatif

  1. Melatih konsentrasi. Mainan edukatif dirancang untuk menggali kemampuan anak, termasuk kemampuannya dalam berkonsentrasi. Saat menyusun puzzle misalnya, si anak dituntut untuk fokus pada gambar atau bentuk yang ada di depannya. Anak tidak berlari-larian atau melakukan aktivitas fisik lain sehingga konsentrasinya bisa lebih tergali. Tanpa konsentrasi, bisa jadi hasilnya tidak memuaskan.
  2. Melatih kemampuan motorik.  Mainan edukatif akan merangsang motorik halus dan kasar anak. Motorik halus diperoleh ketika anak menjumput mainan, meraba, memegang dengan kelima jarinya, dan sebagainya. Sedangkan rangsangan motorik kasar didapat anak saat menggerak-gerakkan mainannya, melempar, mengangkat, dan sebagainya.
  3. Mengenalkan konsep sebab akibat. Contohnya, dengan memasukkan benda kecil ke dalam benda yang besar anak akan memahami bahwa benda yang lebih kecil bisa dimuat dalam benda yang lebih besar. Sedangkan benda yang lebih besar tidak bisa masuk ke dalam benda yang lebih kecil. Ini adalah pemahaman konsep sebab akibat yang sangat mendasar.
  4. Melatih bahasa dan wawasan. Mainan edukatif sangat baik bila dibarengi dengan penuturan cerita. Hal ini akan memberikan manfaat tambahan buat anak, yakni meningkatkan kemampuan berbahasa juga keluasan wawasannya.
  5. Mengenalkan warna dan bentuk. Dengan mainan edukatif, anak dapat mengenal ragam/variasi bentuk dan warna. Ada benda berbentuk kotak, persegi empat, bulat dengan berbagai warna; biru, merah, hijau, dan lainnya.
Jika dicermati kutipan akan manfaat yang akan didapat, ternyata mainan edukatif memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk tumbuh kembang anak-anak. Sebagai orang tua yang bijak dan selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak yang kita cintai langkah baiknya mulai saat ini kita sudah mulai berpikir akan manfaat yang didapat dari mainan edukatif dan mulai meninggalkan atau mengurangi penggunaan gadget untuk anak-anak. 

Gadget bisa diibaratkan seperti pisau dua mata, satu sisi memberikan manfaat dan satu sisi yang lain memberikan permasalahan yang kompleks yang akan dihadapi oleh anak-anak. Penggunaan gadgetpun cenderung membuat anak merasa nyaman dengan dunianya sendiri sehingga menimbulkan perilaku antisosial.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar